Rumah Minimalis Idaman

Setiap orang di dunia ini membutuhkan rumah untuk tempat tinggal, baik dirinya sendiri maupun anggota keluarganya. di balik kebutuhan manusia akan rumah terdapat keinginan untuk memiliki rumah idaman untuk keluarga. Pilihan tepat memilih rumah yaitu di lokasi strategis, harga terjangkau serta kualitas bangunan yang bagus di kelasnya untuk itu "Andreyno Property" akan menjawab kebutuhan rumah minimalis idaman anda!!!

Senin, 27 April 2015

Membuat RAB Rumah Minimalis

Cara menghitung biaya membuat rumah sangat penting untuk mengetahui harga standar di lingkungan tersebut. Dengan demikian kita bisa mengetahui harga normal jika ingin membeli atau anggaran rab rumah bila ingin membangun sendiri. Mengingat pengetahun ini sangat bermanfaat dan setiap orang pasti membutuhkan tempat tinggal, mari kita ulas disini:


Cara menghitung rab ini bisa Anda terapkan untuk semua type rumah minimalis 21/36/45/54/60/70/90/120 dan yang lebih luas lagi, asal sesuai kriteria. Sebagai contoh kita akan menghitung anggaran membuat rumah minimalis type 36. Type rumah 36 ini berarti mempunyai luas bangunan 36 m2 (bukan lahan). Dan di setiap perumahan biasanya disertakan seberapa luas tanah, dan kita ambil contoh rumah tipe 36/60, ini berarti dengan luas tanah 60 meter persegi.

Contoh rab rumah minimalis di atas adalah dengan beberapa kriteria dibawah ini. Tapi bila pembangunan berbeda dengan ciri ciri yang saya tulis, maka bisa Anda sesuaikan sendiri.
  1. Dengan 2 Kamar tidur
  2. Dengan 1 Kamar mandi + toilet + Closet duduk, keramik kamar mandi 20 cm x 20 cm
  3. Dengan Dapur
  4. Dengan Ruang tamu + keluarga
  5. Pondasi batu kali
  6. Dinding batako + plasteran dengan finishing Aci dan di cat
  7. Keramik lantai ukuran 40 cm x 40 cm
  8. Plafond Gypsum dengan finishing cat
  9. Atap genteng beton
  10. Rangka atap baja ringan
  11. Septictank 1,5 m x 1,5 m yang terbuat dari pasangan batako serta penutup beton bertulang.
  12. Kusen pintu serta jendela berupa alumunium dengan tebal kaca 6 mm

Cara Menghitung Biaya membuat rumah minimalis type 36/60

Ok! Sekarang waktunya menghitung rab rumah dengan ciri di atas, silahkan disimak:
  • Jika tanah seluas 60m2 memiliki harga tanah Rp 1000,- maka anggaran untuk membeli adalah Rp 1000,- x 60m2 = Rp60.000,-
  • Contoh menghitung rab rumah yang kita gunakan adalah sistem m2, dan biaya pembangunan permeter persegi tentu berbeda di tiap kota, jadi kita ambil contoh biaya nya adalah Rp 5.000,- /m2. Karena kita sudah mengetahui harga tanah maka untuk menghitung total biaya membuat rumah minimalis type 36/60 adalah 36m2 (luas bangunan) x Rp 5.000,- (biaya membuat rumah) = 180.000
  • Selesai... Maka total biaya membuat rumah minimalis type 36/60 adalah Rp60.000,- (harga tahan 60m2) + Rp 180.000,- (jumlah biaya) = Rp 240.000,-

Note: Sesuaikan spesifikasi rumah dan kondisi di lokasi.

  • Nominal diatas hanya sebagai contoh rab rumah minimalis Anda, yang tentunya sangat jauh berbeda dengan aslinya.
  • Hasil Jumlah anggaran dari perhitungan diatas juga adalah nilai minimal, belum termasuk biaya lain-lain yang pastinya tetap ada.
  • Hasil akhir diatas adalah jika anda belum mempunyai lahan atau sudah termasuk harga tanah

Data penting yang diperlukan adalah mengetahui harga rumah sesuai lokasi pembangunan, yakni standar harga per m2 NJOP tanah dan bangunan di wilayah Anda. Jika tipe rumahnya berbeda, misalnya type 45/70, type 54/70/90 dkk, maka tinggal kita ganti berapa luas tanah dan bangun.

Standar biaya untuk membuat rumah per meter persegi untuk setiap daerah tentu berbeda, dan tidak setiap orang mengetahuinya. Selain itu, di setiap tahun pastinya juga akan semakin mahal, seiring dengan naiknya harga material bangunan dan gaji tukang bangunan. Dan sebagai sedikit informasi tambahan, biaya membuat rumah /m2 saat ini (sejak saya menulis artikel ini) sekitar 1,5 juta - 2 juta dengan kriteria diatas.

 
Andreyno Property






Tidak ada komentar:

Posting Komentar